Ngopi Yuk….

Mungkin anda adalah sebagian orang yang anti ngopi, sebab anda merasa khawatir dengan kandungan kafeinnya yang berbahaya buat kesehatan. Anda pun yang dulunya suka ngopi akhirnya berhenti gara-gara zat yang namanya kafein itu. Memang, kalau dikonsumsi terlalu berlebihan, apa pun itu, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi sebelum kita memperbincangkan lebih banyak manfaat kafein yang terkandung dalam kopi kita mesti tau dulu, apa sih sebenarnya kafein-kafein itu…??? Ini jawabannya :

-KAFEIN-

Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin. Mekanisme kerja kafein adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa dalam sel otang yang dapat membuat orang cepat tidur).

-Manfaat Kafein-

1.  Obat Sakit Kepala
Kafein bisa menghilangkan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. Coba baca bungkus obat sakit kepala dan sakit flu yang biasa anda konsumsi. Anda akan menemukan kafein sebagai salah satu kandungan bahan obat.

2. Melegakan Asma
Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

3. Membantu Konsentrasi
Kafein meningkatkan konsentrasi kita dengan cara merangsang otak, bahkan diperkirakan bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang.

4. Meningkatkan Daya Tahan
Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.

5. Merasa Gembira
Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.

Semua di atas bukan mengada-ada lho… itu kata para ilmuan yang sudah lama melakukan riset. Lantas, efek negatifnya apa donk… udah deh… nggak usah tau efek negatifnya… positif thinking saja lah… yang terpenting adalah kita mengkonsumsinya secara benar alias tidak berlebihan… Nih, aku kasih tips aman mengkonsumsi kopi :

-Aman konsumsi kopi-

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.

Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.

Nah, mulai sekarang… Buat anda yang merasa ketakutan dengan kandungan kafein yang ada di dalam kopi, buat apa risau… kan sudah ada dalilnya… hehehe…. 😀

Ngopi Yukkkk…..

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s