Tulisan Tentang Kopi (Sebuah Tulisan Experimental)

Aku suka minum kopi. Ayahku juga suka. Kakakku sering minum kopi tanpa gula. Atau, kopi dicampur sedikit gula saja. Rasanya memang pait. Tapi katanya disitu kenikmatannya. Salah seorang temanku tidak suka minum kopi. Dia merasa aneh pada yang minum kopi, apalagi tanpa gula. “Pait kok diminum” katanya. Perkataan itu terus diulang-ulang bila aku mencoba menawarkan kopi padanya. Temanku yang tidak suka kopi itu perempuan. Tapi tidak semua perempuan tidak suka kopi. Ibuku suka minum kopi. Kopi yang dicampur susu. Atau kadang dibalik, susu dicampur kopi. Teman perempuanku yang lain juga suka minum kopi. Dia suka kopi tanpa gula. Orangnya manis, tapi kopinya pahit. Sambil minum kopi biasanya dia merokok. Rokoknya merek terkenal, ada mentholnya. Aku tidak suka rokok yang ada mentholnya. Tapi, kopi yang ada mentholnya enak juga. Jadi sensasi jika sesekali.

Konon, asal kopi dari Arab Saudi. Benar salah aku tak peduli asalkan aku masih bisa minum kopi. Kata orang kopi yang paling enak itu kopi luwak. Menurutku tidak. Enak atau tidaknya kopi tergantung bagaimana cara meraciknya. Aku pernah membuat kopi luwak, dan rasanya biasa saja. Sebab meraciknya kurang benar. Kopi luwak memang aromanya lebih mantap. Itu menurutku, entah menurutmu. Tapi, apa kamu pernah mencoba kopi luwak? Kalau belum silakan dicoba dulu. Harganya memang lebih mahal dari kopi biasa. Kalau di cafe-cafe harga kopi luwak bisa mencapai ratusan ribu per cangkirnya. kalau mau yang lebih murah, cobalah cari info tentang orang yang mengolah kopi luwak.

Kopi mengandung kafein. Konon, kafein bisa menahan kantuk. Berarti kopi bisa menahan kantuk. Tapi aku tetap tidur meski sudah minum kopi kalau sudah ngantuk. Temanku juga bercerita begitu padaku. Aku mendengarkannya. terus aku tuliskan di sini. Sudah. Itu saja.

Tinggalkan Balasan

